DAFTAR ISI ARTIKEL

PENYULUHAN PERTANIAN PROFESIONAL


PENYULUHAN PERTANIAN PROFESIONAL
Oleh : Ir. Muharja Hasan, MP
(Widyaiswara BBPP-Lembang)

Penyuluhan pertanian yang dilakukan oleh seorang penyuluh profesional, senantiasa bertanya kepada dirinya, sudah berhasilkah penyuluhan yang dilakukan dilapang ? kalau sudah, apa buktinya, dan apabila belum mengapa ini terjadi. Itu harus terus dilakukan evaluasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukannya terhadap pelaku utama dan pelaku usaha.
Seorang penyuluh pertanian (PP) sebelum melakukan penyuluhan dilapangan harus memahami tentang tugas pokoknya yaitu menyuluh, selanjutnya dalam menyuluh dapat dibagi menjadi menyiapkan, melaksanakan, mengembangkan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan penyuluhan. (5 M).

Fungsi Penyuluh Pertanian
Dalam beberapa literatur memang kata fungsi (function) di satu artikan dengan peranan (role), atau peranan. Penyuluh pertanian dalam melakukan tugas dilapangan selain melakukan penyuluhan, memberikan motivasi dan inovasi teknologi yang dibutuhkan oleh para petani dan keluarganya yang meliputi :

Penyuluh sebagai inisiator, yang senantiasa selalu memberikan gagasan/ide-ide baru.
Penyuluh sebagai fasilitator, yang senantiasa memberikan jalan keluar/ kemudahan-kemudahan, baik dalam menyuluh/proses belajar mengajar, maupun fasilitas dalam memajukan usahataninya. Dalam hal menyuluh penyuluh memfasilitasi dalam hal : kemitraan usaha, berakses ke pasar, permodalan dan sebagainya.
Penyuluh sebagai motivator, penyuluh senantiasa membuat petani tahu, mau dan mampu.
Penyuluh sebagai penghubung yaitu penyampai aspirasi masyarakat tani dan pemerintah.
Apa yang harus PP lakukan dan persiapkan agar penyuluhan sesuai dengan keinginan dan harapan petani dan keluarganya yang telah dituangkan dalan programa penyuluhan dan rencana kerja penyuluhan pertanian (RKPP) bulanan maupun tahunan:

Memahami kondisi, harapan dan keinginan petani saat ini
Pahami materi, media dan metode penyuluhan yang akan dilakukan
Gunakan sarana dan prasarana yang memadai
Gunakan waktu yang tepat dan akurat.
Berdasarkan hal tersebut diatas penyuluhan yang efektif yaitu penyuluh pertanian sebelum melakukan kegiatan dilapangan memahami tentang permasalahan dipetani (pelaku utama maupun pelaku usaha), siapkan alternatif pemecahan yang harus dilakukan, lakukan penyuluhan yang tepat seperti tersebut diatas, apabila telah selesai melakukan penyuluhan untuk melihat sejauhmana sasaran penyuluhan ada perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan tahapan adopsi inovasi teknologi yang dianjurkannya. Penyuluhan yang dilakukan sebaiknya dilakukan secara partisipatif, sehingga petani mampu mengemukakan pendapatnya, berbagi pengalaman dan pengetahuan serta mampu menyusun rencana kegiatan yang bermanfaat bagi dirinya, keluarga maupun lingkungannya.
Keberhasilan penyuluhan dilapangan menurut pengalaman penyuluh yaitu : petani senang dengan keberadaannya penyuluh pertanian, keberadaannya memang dibutuhkan, indikatornya yaitu pendapatan petani meningkat, kehidupannnya sejahtera dan bahagia, begitu juga penyuluh yang berhasil, karena penyuluhannya dilakukan secara effektif dan effisien sesuai dengan kaidah-kaidah penyuluhan yang diterapkannya., akhirnya penyuluh senang, tenang, menang, sukses, penyuluhan pertanian yang dilakukannya berhasil, itulah harapan semua penyuluh yang ada dilapangan.

0 comments

 
cbox

close